Wednesday, November 8, 2017

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Part 2

1 comment



Nativ

Untuk memulai dengan Nativ, daftar untuk mendapatkan akun gratis.

Anda dapat mulai membuat aplikasi seluler dengan memilih template untuk aplikasi. Setelah memilih template Anda harus disajikan dengan layar dengan dua tab, Desain dan Fitur.

Nativ












Layout, background image, font dan logo dapat dimodifikasi di bawah tab desain. Di bawah tab fitur, Anda dapat memilih dari daftar berbagai aliran yang dapat ditambahkan ke aplikasi Anda. Nativ memiliki aliran seperti facebook, twitter, PDF reader dll. Beberapa stream seperti WordPress dan Chat harus segera tersedia.

Setelah menyelesaikan aplikasi Anda, Anda harus dapat melihat pratinjau di sisi kanan layar. Setelah selesai, klik tombol finish app.

Secara default nativ menerbitkan aplikasi di bawah akun pengembang mereka sendiri namun Anda juga dapat mempublikasikannya di bawah akun Anda. Fitur notifikasi push hanya tersedia di bawah paket berbayar.

Info lebih lanjut dapat ditemukan di faq mereka.

Kinetise

Meskipun Kinetise dalam versi beta, ini lebih menarik bagi saya karena tampilan dan nuansanya. Saat Anda mengeklik tombol buat aplikasi, Anda akan dipresentasikan dengan pratinjau aplikasi di bagian tengah laman dengan opsi penyesuaian di samping yang memberikan nuansa berbeda (atau begitulah menurut saya).

Kinetise

Anda dapat memulai dengan memilih jenis aplikasi tertentu atau memulai dengan template kosong dan klik Start Building. Pada layar berikutnya, Anda dapat melihat Kinetise memiliki pilihan untuk menyeret dan menjatuhkan widget dan kontrol ke aplikasi. Widget ditampilkan di bagian bawah halaman dan bisa termasuk teks, gambar, video, galeri dll.

Dragging Widgets

Di sisi kiri layar Anda dapat melihat opsi untuk mengedit layar splash, layar utama dan menambahkan layar baru. Setelah layar baru ditambahkan dengan mengeklik tambahkan layar di sisi kiri, itu ditambahkan ke bagian bawah aplikasi.

Untuk meniru aplikasi, klik di layar pratinjau dan Anda perlu klik kanan pada layar pratinjau.

Di bagian atas layar pratinjau Anda dapat melihat opsi untuk melihat aplikasi di berbagai platform. Ada tombol di atas pratinjau untuk mengubah mode aplikasi menjadi potret atau lanskap.

Setelah Anda selesai mendesain aplikasi, klik pada tombol aplikasi bawaan di pojok kanan bawah. Setelah membangun selesai, Anda memiliki pratinjau web atau bangunan untuk platform asli Anda.

Berdasarkan rencana penetapan harga Anda, Anda dapat memiliki fitur seperti pemberitahuan push, penerbitan ke toko aplikasi dll. Jika Anda tidak memiliki akun pengembang untuk Android atau Apple, Kinetise dapat menerbitkan aplikasi menggunakan akun pengembang mereka sendiri dengan sedikit biaya.


1 comment:

  1. Sekarang bikin aplikasi android tanpa kemampuan programming pun bisa. Hanya bermodalkan drag and drop template dan hanya sedikit modifikasi kamu bisa membuat aplikasi pendaftaran dan editting. Untuk itu seseorang yang pernah mengenyam pendidikan kuliah IT jangan pernah menyia-nyiakan ilmu yang didapat karena tidak semua juga mampu untuk kuliah. Apalagi sekarang hanya bermodalkan jaringan internet semua bisa belajar pemrograman.

    ReplyDelete